Mengenal Pengertian VGA Artefak

Pengertian VGA Artefak. Barangkali kita sering mendengar mengenai VGA yang sudah artefak misalnya kita mendengar omongan dari teman atau teknisi komputer yang bilang bahwa VGA milik anda atau milik orang sudah rusak artefak dan harus diganti. Kemudian anda mulai berfikir apa sih yang dimaksud dengan Artefak?.

Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai VGA yang sudah artefak. Kata artefak bisa diartikan sebagai barang yang sudah tidak bisa digunakan lagi dan sudah menjadi barang yang hanya patut di-artefak-kan saja. Kebanyakan VGA yang sudah artefak tidak dapat digunakan lagi. Meskipun ada Cara memperbaikinya tetapi cara ini belum tentu 100% berhasil. Bisa saja berhasil tetapi kemungkinan pada saatnya nanti VGA tersebut akan rusak kembali.

Banyak artikel atau tutorial yang memberikan cara memperbaiki VGA artefak dengan cara mencuci dengan sabun, membersihkan dengan tinner atau dengan memanaskan Chipset VGA dengan blower dengan suhu maksimal di angka tertentu, tetapi lagi-lagi kemungkinan VGA bisa hidup kembali. Jika diprosentasekan ada VGA yang sudah artefak sebanyak 10-15 biji di perbaiki dengan mencucinya dengan air biasa maka hasilnya kemungkinan yang bisa normal kembali hanya 1 VGA saja.

Ciri VGA Artefak

Ciri-ciri VGA yang sudah artefak adalah display atau output keluaran gambar tidak beres. Bisa timbul kotak-kotak, bisa blank putih di monitor ataupun gambar yang sudah tidak singkron lagi pixelnya. Tetapi kebanyakan yang terjadi adalah hasil output gambar timbul kotak-kotak yang tidak beraturan. Kejadian artefak yang parah adalah keluarnya kotak-kotak tidak beraturan pada saat BIOS sedang boot.

Penyebab VGA menjadi Artefak

Ada beberapa penyebab VGA rusak artefak.

  1. Chipset Overheat. Chipset VGA terlalu panas melebihi panas maksimal pabrikan. Penyebabnya bisa kontak antara cooler dan lempengan Chipset tidak mapan. Atau karena putaran kipas tidak maksimal yang biasanya ditandai dengan bunyi keras pada kipas VGA karena kipas kotor. Atau bahkan kipas pendingin Chipset VGA mati atau tidak berputar sama sekali.
  2. Chipset Overheat karena Over Clock. Tujuan over clock pada speed frekuensi Chip VGA adalah menggeber performa agar maksimal. Terkadang pengguna mengabaikan bahwa speed yang berjalan sudah pada batas maksimal pabrikan VGA. Yang ujung-ujungnya berakibat fatal yaitu VGA kita rusak atau artefak.
  3. Umur Chipset sudah tua. Bahwa yang namanya mesin elektronik pasti mempunyai batas maksimal penggunaan. VGA yang sudak dipakai bertahun-tahun lama kelamaan Chipset VGAnya akan semakin melemah.

Isi Komentar :

Copyright © 2018 GreenKomputer.com | Supplier & Service Komputer, Printer, Laptop, Jasa Instalasi Jaringan, Instalasi CCTV, dll.
Page Load : 0,087 detik